Tentang Scanography




Scanography merupakan suatu seni foto yang menggunakan scanner itu definisi yang bisa gue tankap setelah beberapa waktu ini lagi hobby ngulik tentang scanography. Menurut gue seru aja mencoba hal yang ngga biasa dilakuin karna biasa kalo mau bikin foto kudu pake kamera handphone kalo ngga DSLR or Mirrorless, tapi ternyata setelah mencoba scanography walaupun hanya menggunakan scanner ternyata bisa membuat suatu karya yang hasilnya ngga kalah keren dari photography yang menggunakan kamera mahal.




Beberapa contoh hasil scanography yang udah gue coba dan ada juga yang beberapa hasil yang menurut gue udah bagus dan gue post di Instagram






Gue tau scanography ketika ngeliat Boxset Endank Soekamti Album ke 8, kebetulan juga sering nonton DOES konten yang dibuat oleh mas Erix Soekamti. Menurut gue DOES salah satu konten yang paling keren, walaupun secara visual mirip seperti VLOG pada umumnya tetapi didalam konten tersebut terdapat banyak pelajaran yang bisa diambil dan juga karena konten DOES mas Erix berhasil mendirikan DOES University, sekolah yang menampung banyak bakat dimana peserta didiknya mempelajari apa yang mereka suka dan cinta sehingga ngga membuang waktu lama untuk mencapai apa yang dia suka dan cinta.
Kembali ke topik scanography menurut gue ada yang harus diperhatiin jika mau mempelajarinya, antara lain :

1. Bersihin kaca scanner

Ini adalah langkah yang harus diperhatiin ketika selesai membuat scanography, yaitu bersihkan kaca scanner, karena apa? terkadang objek yang kita gunakan itu bisa berupa anggota tubuh seperti tangan, muka dll. Jika ngga sering dibersihkan nanti bisa kotor dan mempengaruhi ke hasil selanjutnya

2. Cahaya

Cahaya merupakan hal yang juga harus diperhatikan untuk membuat scanography, terkadang kita harus butuh cahaya yang bener gelap, dan juga kadang butuh sedikit cahaya tergantung apa yang mau kita buat. tetapi hampir rata-rata ketika gue bikin gambar hampir ga ada cahaya karena emang konsep yang mau dibuat seperti itu, tapi jika kepepet bisa diedit kok pake photoshop.

Itu aja sih yang mau gue share tentang hobi baru gue, jika ada yang mau coba dan memberikan saran tulis dikomentar ya...

1 comment:

  1. so creative ^^ . Kayaknya pernah baca teknik serupa di majalah fotografi tapi belum pernah nyobain. Terkadang alat cuma pendukung, yang penting bagaimana orang yang menggunakannya ^^

    ReplyDelete

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive