Arti Sebuah Passion





Kebayang ga lu kalo misalnya Cristiano Ronaldo bukan seorang pemain Bola? Mario Teguh bukan Motivator , apalagi kalo JKT 48 bukan Idol Group?
Ga kebayang aja gue kalo Pak Mario Teguh main bola sambil bilang "Salam Super" ke setiap tim lawan , Cristiano Ronaldo ngisi acara Motivasi sambil dribbling bola ? Tentunya ada kejanggalan dari hal tersebut . Mau tau kenapa orang - orang tersebut bisa menemukan Passion dalam hidupnya ? Sebelumnya gue mau bikin ilustrasi cerita aja biar lebih mudah dimengerti . Yuk mari disimak

Ada seorang temen gue sejak kecil , sebut saja  namanya Ujang , dia terlahir bukan dari keluarga kaya , hidupnya cukup sederhana , ayah Ujang seorang pedagang kaki dua dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga. Sejak kecil Ujang memiliki sahabat dekat , yaitu Slamet . Slamet seorang anak orang kaya , ayahnya raja MLM level diamond , dan ibunya seorang pengusaha ojek antar planet. Omset ayahnya bisa sampai jutaan perdetik , sedangkan omset ibunya bisa sampai milyaran perbulan . Dikarnakan sudah terlalu banyak harta , Slamet pun cuma bisa nikmatin hidupnya dengan bermain PS didalam jamban yang berukuran 2 Hektar tanpa berfikir kelak akan menjadi apa esoknya.

Berbeda dengan Ujang , Sejak kecil Ujang selalu diajari oleh ayahnya tentang arti hidup , mulai dari bersyukur sejak bangun pagi hingga gimana juga cara bersyukur atas nikmat istirahat di malam hari, pernah suatu hari ketika Ujang membantu ayahnya berdagang ayahnya berhenti mendorong gerobak sambil mengusap kepala Ujang dan berkata

" Nak , coba liat apa yang dilakukan mas mas yang di pinggir itu "

" Emang orang itu ngapain yah " Ujang melongo sambil ngemil lalat yang nempel di jidatnya

" Kamu tau kenapa mas mas itu kerjanya keras sampe dia memperbaiki jalanan yang rusak seperti itu tanpa menghiraukan panas terik dan juga hantaman panas dari aspal? "

" Err ngga yahh , emang kenapa ? "

" Mereka sejak kecil "malas" nak , malas bermimpi , malas mengejar impian , dan cuma bisa nikmatin hidup yang 'standar' aja. Hingga mereka lupa apa tujuan mereka hidup, Coba Ujang katakan pada ayah cita-cita Ujang ketika besar nanti mau jadi apa? "

" Ujang mau jadi Pilot yah , biar nantinya Ujang bisa nganterin ayah dan ibu naik haji pake pesawat Ujang , lalu kita bisa ngebut-ngebutan di atas awan"

" Ayah percaya kok Ujang kelak bisa jadi Pilot , asalkan .... "

" Asalkan apa yahhhh . "

" Asalkan kamu sungguh-sungguh nak , dan kamu juga harus bisa mencintai apapun yang kamu lakukan yang berhubungan dengan impian mu"

" Siap Jendral , laksanakan " Perjalanan Ujang dan ayahnya pun berdagang dilanjutkan

Ketika disekolah Ujang pun memberitahukan apa impiannya ke Slamet , Slamet pun cuma bisa bilang gini " Hidup itu dijalani aja bro kayak air got jamban , ga usah dipikirin dan kerja keras , toh hidup cuma sekali , santai aja kaleeess" . Walaupun mendapat pressing dari sahabatnya sendiri . Ujang pun makin gigih dan makin mantab akan tujuannya dan makin giat dan tekun belajar .

Saat remaja Ujang hobbi sekali aktif dalam komunitas pecinta penerbangan , dia selalu mencari tau apa saja yang dibutuhkan agar dirinya mampu menjadi pilot , mulai dari pelajaran apa yang harus dikuasai, belajar bahasa inggris , sampe dia rela nyuci pesawat secara cuma-cuma di bandara setiap hari . Jauh berbeda dengan Slamet , ketika remeja Slamet sibuk nyari jodoh , main PS sama mas mas yang jualan batagor di kantin sekolah hingga dia terlena ngga tau lagi arah tujuannya .

Disaat setelah tamat sekolah , Ujang memutuskan untuk melanjutkan sekolah pelatihan penerbangan , tapi kenyataan pahit pun muncul , ayah Ujang mengalami sakit mencret tiada berkesudahan , mengakibatkan keuangan negara dirumah Ujang mengalami penurunan drastis, tapi Ujang tidak patah semangat . Dia sadar , ayah dan ibunya sudah banyak "menanam aset" pada dirinya, kini saatnya Ujang untuk mencoba memberikan "bukti" ke orangtuanya kalo "aset" yang selama ini diberikan untuknya ga "sia-sia"

Dengan bermodal skill bahasa inggris yang cukup baik , Ujang mulai membuka usaha kursus bahasa inggris dirumahnya, kadang juga Ujang datang ke sekolah sekolah untuk menawarkan diri mengajar disana , Alhasil semua usaha keras dia di respon baik oleh berbagai pihak . Terutama oleh Pak Jono . Pak Jono ini adalah Kepala Sekolah SD Harapan Bundo , tempat Ujang sekolah dulu .

Selama mengajar , Ujang juga sambil mencari Beasiswa untuk jenjang karirnya esok , dia selalu percaya , " Tuhan selalu ngerespon apa yang dilakukan seorang hamba yang bersungguh - sungguh ".  Alhasil selama satu tahun dia berusaha bekerja untuk keluarga dan juga sambil mencari ilmu , Ujang mendapat kesempatan gratis untuk mengikuti pelatihan penerbangan . Ini berkat dia menemukan cara 'asik' dalam mencari passion dan mencoba menggali potensi yang ada dalam dirinya . Dan sekarang 
Ujang udah jadi pilot , Berkat kerja kerasnya ia mampu membiayai haji orangtuanya , dia udah pernah nyicipin asiknya boker di belahan dunia mana aja , selfie bareng bule di luar negri dan juga Ujang dapat istri Bule yang bernama Surti , lengkap sudah hidup Ujang sekarang. 

Dari penggalan cerita diatas dapat disimpulkan semua sesuatu hal yang bener-bener kita sukai dan juga kita memiliki passion di bidang yang kita tekuni kita bakalan berhasil kok . Sukses itu kewajiban setiap orang dan kalo kita mengalami "gagal" itu anggap aja "remedial" dalam hidup. Menurut gue passion itu adalah Panggilan jiwa dimana kita ngga bakal bosen untuk melakukannya terus menerus walaupun dalam keadaan apapun . 

Jadi gimana cara menemukan passion kita hidd?


1. Hal yang disukai sejak kecil



Passion seseorang bisa terlihat bahkan sejak mereka masih kecil , biasanya anak kecil yang hobby olahraga sejak kecil gedenya bisa saja nantinya pas gede jadi atlit . kalo anak kecil yang hobby musik biasa juga bisa berpotensi jadi musisi , dan juga kalo anak kecil hobby main game tiap hari biasanya gedenya bisa jadi remaja warnet kayak gue dulu #Abaikan . 


2. Impian


Impian menurut gue bisa menjadi 2 bagian. Dari dalam diri sendiri dan  juga dari "pengaruh dari orang lain" . 

Impian dari dalam diri misalnya gini , Ujang dari kecil cita-citanya emang mau menjadi seorang pilot sehingga ketika dia mulai tumbuh dia selalu belajar mengenai apa saja yang harus Ujang siapin supaya bisa menjai pilot yang baik dan benar . Nah sedangkan Impian yang "terpengaruh orang lain " gini . Slamet sejak kecil kerjaannya cuma main PS , ketika dia main game bola dia ingin menjadi pemain bola , ketika dia bermain game basket dia ingin menjadi pemain basket , ketika dia main barbie Slamet malah pingin sunat pake blender . Alhasil dia ga bisa apa-apa karna dia cuma ikut-ikutan orang lain .



3. Sesuatu yang membuat kita penasaran terus



Pernah mengalami kegagalan tapi malah ngga kapok buat mengulanginya karna penasaran kenapa bisa gagal? Misalnya pernah ngajak lawan jenis buat jadian tapi malah di gampar trus diulangi lagi sampe tu gebetan nerima? Jika pernah ajarin donk !! . Ngga ngga gini maksud gue tentang kenapa "penasaran" bisa disebut passion kita . Menurut gue semakin kita penasaran akan suatu hal , mungkin aja itu passion kita . 

Kasusnya dulu zaman gue sekolah ,  jujur dulu gue bego banget tentang komputer , tapi karna gue penasaran kenapa kok gue bisa bego , bermodalkan komputer jadul gue coba-coba nyoba otak atik komputer sendiri , sampai dimana komputer gue rusak dan harus di install ulang , dikarnakan gue ga ngerti dan juga ngga semua temen gue dulu ngerti komputer gue nekat install ulang komputer gue sendiri . Alhasil semua data gue hilang trus gue nangis sambil jilatin Motherboard . Apakah Gue kapok ? Nggak . Gue malah makin tertantang buat ngebalikin data gue yang dulu dan juga gimana cara install ulang yang benar sampe gimana cara "bikin selingkuhan" di komputer . Alhasil berkat rasa penasaran sekarang setidaknya gue udah ngerti dan juga sudah pernah "mencicip" semua sistem operasi yang ada dikomputer dan gue sekarang ngga pernah takut lagi kalo komputer gue rusak            


4. Kemampuan yang "menonjol" pada diri


Setiap orang pasti punya kemampuan dan juga pasti ada kemampuan yang menonjol dalam dirinya , misalnya dalam bidang seni , olahraga , verbal , eksata , science, intelektual dll. Jadi jika kita memiliki "kekurangan" disuatu bidang yakin aja kita punya kemampuan yang lebih di bidang yang lain . Contoh simplenya gini, Cristiano Ronaldo pemain bintang sepak bola itu memang jago dalam hal olahraga sepak bola tapi coba dia kalian coba suruh dia jadi dokter , apakah dia bisa menjadi dokter yang baik ? ngga kan . Karna kemampuan yang menonjol dalam dirinya di bidang olahraga .


Semua orang pasti punya passion dan semua orang memiliki banyak cara yang berbeda untuk menemukan passionnya sendiri . So jika kalian punya pengalaman menarik tentang passion . Tulis di komentar yak !!

8 comments:

  1. Passion aku sih di kuliner en traveling.. :D Tapi berhubung keduanya butuh duit yang ngga sedikit, mau ngga mau harus kerja deh. Hahah.. :D

    ReplyDelete
  2. Sebisa mungkin harus bisa di usahain passion kita yang ngehasiin duit. bikin caffe gitu . nanti gue makan gratisnya :v

    ReplyDelete
  3. Yoi.. Mungkin beberapa puluh taun lagi. Soalnya kalok mau bikin cafe standar gitu, minimal harus ngeluarin 1 milyar. Hahah.. Duit dari maneeeeh.. :D

    ReplyDelete
  4. Mayan susah cari kerjaan yg sesai passion

    ReplyDelete
  5. kalo gue di dunia IT aja gan, kayak warnet yang sekarang ini, sekarang udah jalan juga mikrotik (kost-an net), passionnnya disitu sih

    ReplyDelete
  6. kalau sudah tau passion kita dimana pasti gampang ya,kerja sesuai passion pasti akan sukses.Terimakasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  7. eh lu masih inget aku gak? Kebo! pinginnya gantiin alamat blog biar lebih pendek, ternyata malah ngulang dari awal. asyem dah! eniwei, jangan sibuk urusin blog mulu...ndang kawin! :D

    kebounik.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Gue nulis,fotografi sama jalan-jalan. Euh, masih belum kesampaian juga beli kamera :D

    ReplyDelete

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive