Ada uang ? Ayo Damai





Hepeng Do Na Mengatur Negara On - Unknow

Sebelum gue nulis postingan ini , gue harap bisa diterima dengan positif , jujur niat gue cuma mau share pengalaman dan Demi Tuhan gue ga mau jelekin siapapun and i hope you keep positif thinking with this situation

Oke lanjut aja ke ceritanya . Kebetulan kemarin aja gue mengalami hal yang cukup bikin gue muak dengan beberapa oknum .

Tepatnya minggu kemarin tepat tanggal 3 Januari 2016 , gue dapat undangan syukuran anak temen kantor gue dulu . Sebelum gue pergi ke acara tersebut , yang pertama gue siapin adalah baju rapi , dan juga kantong plastik .

Kenapa harus baju rapi dan kantong plastik HiDzz???

Pertama , baju rapi buat jaga-jaga aja siapa tau ketemu adik temen gue yang masih jomblo trus dikenali dan bisa lanjut ke jenjang berikutnya . Lalu kantong plastik buat apa ? Yaa jelas lah buat bungkus makanan , lumayan buat lauk makan ntar malam . Hehehe

Oke Back to Topik . Setelah gue udah dandan rapi , wangi dan ga lupa bawa kantong plastik , gue langsung cabut aja dari rumah menuju rumah temen . Sebelum pergi sih gue ngerasa ada firasat ga enak . Mulai dari kebelet boker , inget mantan , sampe inget muka mantan kebelet boker . Tapi gue anggap itu cuma perasaan gue aja , langsung aja gue lanjut jalan menuju rumah temen . 

Baru setengah jalan di deket salah satu mall di kota gue , dari belakang ada orang ngebut ngejer gue lalu berhentiin motornya ngejut persis banget depan gue . Gue kaget lalu gue maki-maki tu orang dan tanpa sadar yang gue maki itu polisi . Oke gue ngelakuin kesalahan fatal . Gue juga punya alasan kok kenapa gue kesal sampe ngeluari kata kotor seperti : Kuman , Daki , Bacteri , Mantan . Karna apa? Gue pakai motor matic. kalian tau lah gimana kalo motor matic stop mendadak gimana hasilnya , gue udah puas nyicip ciuman sama aspal . Amit amit aja kalo sampe kejadian , misalnya gue pas lagi gonceng ibu gue , nenek gue atau temen gue yang cewe sampe jatuh dan luka . Siapapun orang  yang berulah itu pasti gue hajar . Karena pantangan seorang pria adalah membuat wanita terluka

Tanpa ngomong maaf tiba-tiba dan juga posisi kami masih di tengah jalan yang rame , oknum itu langsung bilang gini " Mana SIM , STNK nya mas ? " 

" SIM saya emang ga ada pak , tapi STNK ada . Tapi maaf nih pak . bukan niat saya mau kabur tapi bisa ga kita ngomong di pinggir jalan . Ini tengah jalan lho " 

" Ga apa-apa . Lanjut aja mana STNKnya mas "

" Bentar pak " Gue cek dompet dulu , dan ga lama gue bingung tiba-tiba STNK motor gue ga ada di dompet . Siapa yang ngambil? apa gue kecopetan ? ga mungkin copet spesialis STNK

" Ada mas ? "

" Ga ada pak " Jawab gue dengan tampang bego

" Yaudah kita ke POS depan sana " 

"Oke Pak " Jawab gue . Karena gue emang salah gue manut aja 

Sesampai di POS , oknum tersebut tanpa memperkenalkan diri , tanpa nunjukin surat tugas atau apalah gitu . Tiba-tiba ngejelasin undang-undang yang mengatur lalu lintas , ntah pasal apa itu gue lupa . yang jelas tu oknum cuma nyebut gini . Ga pake helm denda 200ribu , ga ada STNK denda 1Juta , ga ada SIM denda 500ribu dan sisanya bla bla bla gitu. Yang bisa gue lakuin cuma mangap doang . Lalu oknum tersebut bilang gini . Mau damai disini atau kita proses ke pengadilan .

Gue sih inget ada beberapa hal yang "biasanya" ada ketika polisi melakukan tertib lalu lintas (razia) . Biasanya mereka emang siaga di jalan , bukan seperti tadi , tiba-tiba ngejerin orang yang lewat . Lalu biasanya kalo kita emang salah kita boleh minta slip berwarna BIRU . bukan MERAH . 

- SLIP MERAH : surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalahan di jalan raya dan pengendara tersebut tidak mengakui kesalahannya (mangkir) yang disebutkan oleh petugas jalan raya (POLANTAS) dan akan dikenakan denda sesuai dengan beratnya kesalahan yang telah dilakukan melalui proses pengadilan.



- SLIP BIRU : surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalah di jalan raya dan pengendara mengakui kesalahannya (tidak mangkir) yang disebutkan oleh petugas jalan raya (POLANTAS) dan akan dikenakan denda maksimal Rp 50.600,- (Lima puluh ribu enam ratus rupiah) serta dapat dibayarkan melalui Bank yang ditunjuk tanpa harus melalui proses pengadilan. Yang artinya Rp 50.000,- masuk ke kas negara dan Rp 600,- untuk petugas yang menanganinya dan itupun baru bisa diambil pada bulan berikutnya.

Lalu gue emang ngerasa salah gue bilang emang gue yang salah . Lalu oknum tersebut mau ngasih gue slip MERAH , yaa gue tolak lah . 

" Kalo boleh saya minta slip BIRU aja pak . Saya mau tanggung jawab biar saya transfer di ATM aja denda saya berapa " 

" Ga bisa mas . Ini pertaturan , mas mau melawan kami " Jawab oknum itu kesal

" Saya ga melawan pak , saya manut aja daritadi . Emang kenapa emang jika saya minta slip BIRU ? Kan saya bayar ke negara dendanya ? " 

" Kamu ini tamatan apa? " Tanya oknum itu

" Saya masih kuliah pak , kenapa ? " 

" Kamu tau kuliah untuk apa? "

" Yang pasti tujuan saya kuliah bukan untuk kerja pak , untuk mengubah pola pikir " Jawab gue

" Yaudah bentar tunggu disini . Sekalian mana KTP kamu , saya mau pergi bentar " 

Ketika oknum itu pergi "mungkin mencari mangsa" lagi . Gue nelpon bokap gue buat nanya dimana STNK . Dan ternyata STNK gue emang di ambil adik  gue buat pergi dia kalo kursus. Lalu gue minta tolong bokap ngatar STNK ke tempat gue dimana ditilang . Gue juga nyoba ngehubungi salah satu kenalan gue juga yang kebetulan polisi buat minta di tolongin . Dan Alhamdulillah , nomor HPnya ga aktif . Gue harus nyelesain masalah sendiri

Sesampai disana bokap langsung nanya . Mana yang nilang gue , gue langsung aja nunjuk oknum tersebut . Dan yang bikin gue emosi tu oknum seenak udel maki gue depan bokap gue . Jujur misalkan gue salah gue emang ga mau melawan , tapi kalo ada orang berani asal jeplak ngomong soal gue . Pasti gue lawan

Bokap : Ada apa ini pak ?

Oknum : Ini lho anak bapak tadi ga pake helm , ga bawa STNK dan juga SIM 

Bokap : Maaf nih pak , emang saya tadi yang make helm anak saya buat kondangan dan juga STNKnya di bawa adiknya untuk kursus . Dia emang ga tau kalo STNKnya ga ada

Oknum : Gini pak , kita kan harus mematuhi aturan , jadi anak bapak kita tilang . Tapi dia ngotot mau bayar ke ATM aja , ya ga bisa lah . Emang dia sanggup bayar Jutaan 

Gue : SANGGUP BOS . Berapa emang yang harus aku bayar. sini no rek nya biar aku transfer , Jawab gue emosi 

Oknum : Kamu ini melawan ya . Kamu anak kuliahan ga ada intelegensi , beda dengan kita . Mau motor kamu saya tahan ?

Gue : Aku bilang aku mau bayar . Kenapa pula aku sudah bayar denda motorku masih mau kau tahan . HAH ! . Jawab gue makin panas

Oknum : Jangankan kroco seperti kamu , Camat , Lurah atau siapapun kalo melanggar pasti kita tilang . Jadi jangan melawan 

Gue : Mereka kan pake mobil kampret , Mobil Dinas plat merah juga sering lewat padahal bukan jam kerja kenapa ga kalian tilang HAH !! .  Pingin banget gue jawab itu , tiba-tiba bokap gue dorong gue biar gue jauh 

Tiba-tiba bokap dorong gue sambil bilang sana. Gue ga terima aja masih soal omongan tu oknum . Tiba-tiba oknum itu ngajak bokap gue masuk di dalam pos dan gue di suruh nunggu di luar aja . Dan ga lama KTP gue di balikin bokap . dan bokap bilang " Orang seperti ini ga usah dilawan "

Jujur , gue masih dongkol banget tentang masalah kemarin , yang bikin gue cukup dongkol bokap mau aja nurutin apa yang diinginkan oknum kampret itu , Iya DUIT . Gue bukan masalah duit nya . Tapi cara oknum itu ga ada nunjukin kalo dia itu emang pengayom dan pelindung .  Yang dilakuin ke gue kmaren di mata gue ga lebih dari preman malakin bocah . Kenapa? Banyak banget lho remaja yang ditilang padahal mereka lengkap tapi disuruh beli rokok biar mereka ga ditilang . Gue sih sorry aja mending gue sumbangin ke orang yang ngebutuhin daripada gue harus nyogok 

Seharusnya misal tu oknum mau ngasih aja rek negara buat gue bayar denda kan sama aja . toh malah lebih bermanfaat buat negara . bukan ngajak damai di tempat . ga lama setelah gue disuruh bokap gue pulang aja kerumah gue pulang sambil berpikir gini dijalan . " Kita benci KORUPSI , tapi ditilang kok NGAJAK DAMAI " . Tapi lain kali kalo gue ditilang lagi ga bakal gue sampe ngadu bokap lagi . Gue ga suka aja cara penyelesaian masalahnya . Mending gue selesain sendiri aja 

Oke itu aja yang dapat gue share kali ini . Moga aja bisa jadi pembelajaran buat kita terutama buat gue sendiri . Jika ada yang mau berbagi pengalamnnya , tulis di komentar yak .


No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive