Sakitnya tu Ditikung




Hidup ini memang tak adil, Jadi biasakanlah dirimu - Patrick Star

Itu adalah quote yang bakal menjadi inti dari cerita yang bakal gue share kali ini. Dalam hidup gue udah puas banget dengan namanya ditikung, mulai dari percintaan sampai pekerjaan. Banyak hal ketidakadilan yang sebenarnya kontras banget yang sering kita temui. Salah satunya 'uang pelicin' untuk masuk sekolah seperti yang pernah gue rasain dulu ...

Waktu tamat SD gue mendaftar disalah satu SMP sebut aja SMP A ketika itu total siswa yang diterima cuma 40% dari yang daftar. Dan sebelum diterima harus melewati ujian, dan setelah melewati ujian ternyata gue ga lulus. Sebelum test ada 15 orang kalo ga salah temen yang satu SD bareng test di SMP A tersebut dan yang lulus test cuma 4 orang. Karena tau ga lulus gue akhirnya masuk ke SMP Negeri juga tetapi ga terlalu populer seperti SMP A sebelumnya.
Setelah seminggu masuk dan MOS, gue dapat kabar ternyata ada 10 orang yang tiba-tiba masuk ke SMP A, gue pun bingung kenapa bisa? Tapi yaudah lah ga usah dipikirin , You know lah caranya gimana? Hepeng do mangatur nagara :) .

Kejadian seperti itu ternyata terulang lagi, ga lama sebelum nulis postingan ini gue baru aja belum lulus (gue gamau nyebut gagal) ketika melamar pekerjaan, sebut aja di Kantor X. Gue dapat info lowongannya dari salah satu tante gue yang tinggal diluar Jambi, kebetulan Kantor X itu sebelahan dengan kantor tante gue, kebetulan yang dicari waktu itu Programmer yang cukup sesuai dengan bidang gue, setelah tau gue langsung mengirimkan lamaran yang kebetulan secara online untuk seleksi bahan dan dua hari berselang pengumuman seleksi bahan gue lulus, karena Min yang dibutuhin D3 sedangkan gue S1.

Setelah tau seleksi bahan lulus, gue langsung berangkat ke luar kota untuk test selanjutnya dan juga menyerahkan bahan lamaran yang udah gue cetak. Prosesnya memakan waktu dua hari, hari pertama buat ambil no ujian dan hari kedua test ujian praktek utnuk mengukur kemampuan.
Ketika test ada 12 orang yang lulus seleksi bahan dan yang bakal diambil untuk pekerjaan cuma 4 orang, sebelum test mulai gue mulai minder karena pesertanya banyak yang kelihatan lebih tua dari gue, bahkan udah ada yang punya anak istri, gue? boro-boro punya istri gebetan aja ga ada.
Waktu test ternyata ada dua sesi, sesi pertama tentang teori dan kedua praktek. Posisi duduk ujiannya satu baris ada 3 orang sehingga ada empat baris. Waktu ngerjain teori sih gue nyantai aja karena apa? soalnya cuma konsep dasar pemograman yang biasa sering gue jawab ketika UAS kuliah, kebetulan gue duduk ditengah diapit dua orang dikiri dan kanan sebut aja nama pesertanya Ujang dan Ajung. 

Waktu ujian praktek kita disuruh membuat semua web tentang sistem penggajina karyawan bebas boleh pake PHP murni maupun framework, gue sih lebih biasa bikin web pake PHP biasa aja dan ga begitu expert pake framework karena gue ngerasa imajinasi gue bakal terbatas. Selama ujian Ujang dan Ajung ini boro-boro ngerjain web yang menjadi ujiannya, untuk installasi server lokal aja ga bisa. Dan gue ngerasa optimis minimal ada 2 orang yang gue yakin bakalan tersingkir. Dan gue ngerjain ujian dengan semangat dimana gue yakin bisa nyelesainnya. Dan setelah memakan waktu 5 jam dimana mulai jam 11 siang selesai jam 3 sore. gue bisa menyelesaikan ujiannya dengan hasil yang cukup baik menurut gue...

Setelah ujian,  gue langsung pulang kerumah jam 5 sore karena kebetulan banyak banget kerjaan yang belum selesai, dan setelah pulang beberapa hari kemudian gue ngeliat di halaman kantor web ada enam orang yang lulus test dan nama gue lulus test ujian, ternyata Ujang dan Ajung yang ga ngerjain ujian lulus test ujian, setelah test, tahap selanjutnya yaitu wawancara.

Pagi sebelum wawancara gue udah mengalami kesialan, pagi mau berangkat ke kantor motor yang gue pinjam dari tante gue kena tilang, gue lupa bawa STNK, terpaksa SIM gue jadi korban. Dengan dandanan rapi ala sales popok bayi celana dasar hitam, baju biru yang udah setrika semalaman dan juga rambut belah tiga gue pede masuk ke ruangan pimpinan. Didalam gue ditanyai mulai dari asal dari mana? punya pengalaman apa? lulusan apa? apa aja project yang pernah gue buat? pokoknya standard lah. Alhamdulillah gue bisa jawab kecuali ada dia nanya tentang ada beberapa kecamatan di daerah itu gue ga tau karena gue bukan asli orang sana.

Setelah wawancara gue langsung pulang karena emang gue masih ada kerjaan juga yang sebelumnya belum kelar dan sambil deg degan bakal lulus atau ngga, dan setelah dua hari wawancara ada empat nama yang keterima di Kantor X dan nama gue ga ada alias ga lulus .. 

Gue sih ikhlas aja kalo ngga lulus dengan catatan emang skill gue ga sesuai standar yang diinginkan oleh Kantor X, tetapi bagaimana dengan Ujang dan Ajung? mereka kok bisa lolos ? padahal ujian aja ga ngerjain apa-apa. Tapi yaudah lah jika itu emang rezeki mereka ikhlasin aja siapa tau nanti gue dapat yang lebih . Tuhan memberikan apa yang kita butuh dibanding yang kita ingin. Dan setelah beberapa hari hasil wawancara paman gue bilang sih kalo mereka emang 'titipan' orang dalam. You know lah maksudnya.

Menurut gue memenangkan sesuatu tanpa perjuangan dan berdarah darah memperjuanginnya itu ga ada serunya, Cuma kemenangan hampa. Sama halnya dengan ada seleksi tes atlit lari, lo ga bisa lari tapi lo paksain buat ikutan karena lo yakin karena salah satu dari pelatihnya keluarga lo. Mungkin lo bisa seneng karena bisa jadi atlit lari. Tapi nanti pas ada pertandingan nanti bisa lo pertanggung jawabin ngga? kalo bisa tandanya bagus tapi kalo ngga ya bakalan jadi bom waktu tinggal nunggu kapan meledaknya aja.



2 comments:

  1. Mungkin belum rejekinya disitu, tetap semangat mas :D lagian nulis bisa jadi duit juga lho. Salam blogger Jambi.

    ReplyDelete
  2. tetap semangat mas, pasti akan indah pada waktunya nanti.

    Salam hangat dari Telanaipura Jambi

    ReplyDelete

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive