Trauma Menjadi Orang Baik




Jika kau tidak menemukan orang baik, maka jadilah orang baik. Dalam menjalani hidup, banyak jenis tipe orang yang bakalan kita temui, mulai dari baik, jahat, jujur, munafik, pemberani, penakut dan banyak lagi. Dan kali ini gue pingin bahas tentang orang baik.

Gue mau berbagi tentang pengalaman yang bikin gue cukup 'trauma' berniat baik membantu orang 

         Ketika kuliah gue ga mau ngehabisin waktu yang kosong cuma buat nongkrong di alf*mart atau ind*mart. Gue lebih memilih menyibukan diri buat nyari job tambahan ketika hari sabtu maupun minggu. Dan ketika itu ada temen yang ngajakin gue freelance di studionya kebetulan ketika itu dia kekurangan orang buat bantu bawa kabel untuk video shoot. 

         Jadwal freelance gue ini bukan siang, malahan malam. Karena emang lebih banyak dapat job malam studio temen gue itu dan juga selalu di hotel yang cukup besar lokasi jobnya. Sehingga gue lebih sering pulang sampe jam 2 pagi setiap malam minggu, bukan untuk keluyuran tapi untuk cari nafkah buat traktir cabe-cabean. Gue sering ngerasain ga istirahat seminggu karena kudu kerja,kuliah dan freelance. Senin - Jumat gue kerja sampai jam 5 sore dan lanjut kuliah sampai jam 8 malam, sabtu gue kerja cuma sampai jam 2 siang, jam 4an gue ngejer freelance sampai jam 2 pagi dan ga jarang minggu pagi gue juga sering dapat job lagi buat foto wedding ataupun acara lain.

Gue pernah ngalamin hal yang buruk banget ketika pulang jam 2 pagi dimana ketika itu hujan cukup lebat. Ketika mau pulang kerumah gue ngeliat ada cewe berdua naik motor dan ga jauh di depan gue mereka tiba-tiba jatuh dari motor karena ga tau ada genangan air. Cewe yang mengendarai motor lukanya cukup lumayan parah dan yang digonceng cuma luka sedikit, untungnya deket mereka jatuh ada rumah sakit, gue inisiatif untuk membonceng cewe tadi yang lukanya lumayan parah ke rumah sakit dan langsung dibawa ke IGD untuk mendapat perawatan. 

Cewe yang satu lagi gue suruh nanti nyusul aja sambil menghubungi keluarganya, sekitar setengah jam gue nungguin dirumah sakit tiba-tiba ada mobil Daihatsu Xenia warna putih diikuti dengan motor dua cewe tadi dan ada bapak-bapak keluar dari mobil itu, usianya separuh baya sekitar umur 45 tahunan berbadan besar, botak dan ada sedikit panu di kepalanya melabrak dan mencekik gue.

"Kau numbur anak aku yo? Hah !!" Teriak bapak-bapak separuh baya yang kemungkinan itu bapak dari cewe tadi

"Bentar dulu pak, jangan baseng tuduh" Jawab gue bingung. 'baseng' = 'sembarangan'

"Bukan om, dio yang bantuin kami tadi, Abang ini yang bantuin kami " Jawab cewe yang satu lagi yang baru selesai parkir motor

"Maaf yo dek, Sayo dak tau kalo adek yang nolong anak sayo" Bapak tadi minta maaf ke gue

"Iyo pak" Jawab gue, Misal sampai gue di tonjok pasti gue langsung minta visum dan menuntut bapak itu buat di nikahin sama anak gadisnya

"Maaf bang, sayo panik tadi soalnyo cuma bilang kalo sepupu sayo Bunga nih jatuh dari motor dan lupo ngasih tau kalo yang bawanya bukan yang nabrak tapi yang nolong"

 "Yaudah gapapa, ini cuma salah paham kok, tapi kenapo kamu balek sampe malam? bahayo apalagi lagi hujan"

"Iyo bang tadi habis pulang karokean acara ultah kawan" Jawab cewe yang satunya

"Itulah akibatnyo orangtua ngomong dak dengar, udah dibilang dak usah keluar malam masih jugo nekat keluar" Bapak tadi ngomel ke cewe tadi

"Iyo om maaflah. Idak lagi kok"

"Yaudah lah pak, sayo nak pamit, cape pulang kerja " Gue potong pembicaraan karena emang udah cape bener

"Iyo dek makasih yo"

Setelah selesai gue mengatar bapak tadi ke ruangan anaknya gue pulang kerumah tidur. Dan maafkan percakapannya gue pakai bahasa Jambi karena emang begitu adanya

Kejadian yang pernah gue alami itu sering terjadi, terkadang ketika kita meniat menolong seseorang tetapi malah kita yang kena sial. Soalnya beberapa waktu yang lalu om gue mengalami hal yang mirip seperti itu, Om gue ketika itu dia lagi benerin motor temennya yang rusak dirumah temennya. Ketika temen om gue pergi mau beli minum di warung, om gue masuk kedalam rumah temennya buat ambil obeng dan juga peralatan lainnya. Tiba-tiba ada tetangga yang jarak rumahnya cukup deket dari rumah temen om gue tadi teriak maling, Otomatis warga yang berada disekitar rumah itu menyerbu om gue dan mau digebukin. Untunglah temen om gue ga lama tadi ga lama kemudian pulang dan mengklarifikasi kalo om gue bukan mau maling dirumahnya tetapi cuma mau ambil obeng dan alat untuk benerin motor

Dari hal-hal seperti itulah terkadang kita takut untuk berbuat baik, bukan karena ga mau berbuat baik tetapi takut orang salah paham dengan apa yang kita lakuin dan melihat sesuatu dari satu sisi saja. Diantaranya :

1. Hanya Di Manfaatkan 

Terkadang niat tulus kita untuk dapat membantu seseorang disalahgunakan. Gue sih sering ngerasain yang seperti ini, ketika orang tersebut dibantu, kita hanya dimanfaatin doang tanpa ada feedback.

2. Tidak Percaya Orang Lain

Soal yang namanya duit, gue udah puas bantuin temen tapi ujung-ujungnya tekor. Sebut aja nama teman yang gue bantu itu Dino, Gue kenal udah lama banget sama dia, bahkan tau keadaannya, Ayahnya udah meninggal ketika dia SMA, ketika bulan puasa 2016 dia datang kerumah buat pinjam uang, dan dia membawa laptop peninggalan mendiang ayahnya buat jaminan. Gue dilema, mau bantuin atau ngga, karena jika emang dia lagi butuh banget uang pasti gue ngerasa sedih juga karena ketika mampu bantu seseorang tapi ga ngebantuin gue ngerasa gagal jadi manusia.

Dia janji buat ngembaliin uangnya ketika selesai lebaran, gue cuma bilang "Aku ga mau desak kapan kamu mau ngembaliin uangnya, aku cuma butuh kabar yang pasti aja, misal belum ada uang buat ganti kabarin aja, gapapa aku lebih lega ketika tau daripada harus menunggu janjimu." Sebulan pertama ga ada kabar, bulan kedua hingga ketiga juga ga ada kabar gue chat ga balas dan juga handphonenya ga aktif. Karena gue cukup kesal karena dia ga memberi kabar, tiba-tiba siang itu dia menelpon gue dan mau menebus laptopnya. Sorenya dia datang dan membawa uang, tetapi uangnya kurang sedikit sih, ga sampai 10% dari jumlah uang yang dia pinjam. Dia janji besok mau bayar sisanya, tapi mau di ambil dulu laptopnya.

Karena dia udah berusaha untuk membayar kewajibannya, gue iyain ajalah keinginannya karena gue yakin mungkin bakal dia bayar besok. Keesokan harinya dia ga datang, gue sih masih positif thiking aja. Gue chat ga di balas, sampai sebulan dia ga ada kabar. Sampai suatu hari pas gue lagi online facebook chatnya aktif dan mengirimkan pesan "Gimana bro sisa uangnya? Udah ada belum ya?". Dan chat gue ga dibalas. Pernah gue ga sengaja berpapasan ketika gue lagi menyebrang dia lagi membawa motor dia malah ngga mau menoleh, padahal dia tadi melihat gue.

Gue bukan kecewa karena uangnya ga dibayar, tapi gue sedih tau kalo pertemanan kita yang udah lama cuma dikhianati uang yang ga seberapa.


Menjadi orang baik itu ngga salah, tetapi mengkhianati kebaikan orang yang sudah membantu kita itu merupakan suatu kesalahan, mungkin saat ini lo bisa ketawa karena berhasil memanfaatkan kebaikannya, tetapi ketika dia udah kecewa dia bakal kehilangan rasa percayanya ke lo dan juga kepada orang lain. Dan percayalah itu bakalan menjadi boomerang dan boom waktu yang cepat atau lambat nanti bakal lo dapatkan. 

No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive