Tentang sebuah obsesi



Menurut gue passion adalah Panggilan jiwa dimana kita ngga bakal bosen untuk melakukannya terus menerus walaupun dalam keadaan apapun yang berarti bisa menjadi kebutuhan kita dalam hidup.  Terkadang kita terlalu menyukai sesuatu hal tetapi tidak sesuai dengan potensi diri kita. Itulah yang disebut Obsesi.

Supaya mudah dipahami, gue mau cerita dikit tentang obsesi. Sebut saja namanya Ujang, dia temen gue waktu kecil, rumahnya deket eyang gue. Kita waktu kecil deket karena kita sama-sama sering makan pempek bareng pas pulang madrasah, makannya 5 bayar 3. Ya itu contoh buruk ga usah ditiru

Sejak kecil Ujang suka banget dengan namanya balap motor, Tapi sayang dia orangnya “pembersih”. Ga mau main jorok, pernah sekali gue diajak main sepedaan dan ga lama hujan datang. Saking takut becek dia nyuruh minta tolong gue buat dijemput emaknya karena takut kotor kena cepretan tanah yang basah karena hujan.

Waktu mau masuk SMA, gue ketemu Ujang di warnet, kita emang masih sering ketemu walaupun dulu beda SMP. Dia nanya gue setelah SMP mau masuk SMA mana? Gue jawab “Yaa karena gue udah kepalang basah suka komputer, gue masuk SMK Jang, jurusan TKJ. Bokap oke aja sih soalnya dia ngasih kebebasan buat gue milih mau dimana” Jawab gue sambil main Point Blank.

“Gue sih pinginnya masuk STM Otomotif hid, tapi isinya cowo semua. Udah cukup gue SMP ga ada pacar, kalo masuk STM bakal jadi homo gue 3 tahun” Jawab Ujang

“Jadi kalo menurut ortu gimana Jang? ” Tanya gue bingung

“Ortu malah nyuruh gue masuk SMK Tata Boga, Nyokap bilang biar gue bisa masak, biar bisa nerusin usaha rumah makannya”

“Wadaw.. Lo mau ngerendang knalpot?”

“Ga gitu juga lah, Yaudahlah mana yang baik aja, gue nurut aja dulu apa maunya”

Walaupun Ujang masuk Tata Boga, hobi dengan balap motor pun masih tetap suka, ia tetap konsisten dengan dandanan khasnya, baju pembalap, helm cakil dan motor matic warna pink yang habis pajak motornya. Yang pasti walaupun dia dandan sok jadi anak motor yang hobi balapan, dia ganti oli motor sendiri aja ga bisa, katanya jijiklah nanti cacingan, motor mogok cuma tau bensin habis ga paham kalo busi motormya yang bermasalah. Gue cuma bisa geleng-geleng kepala.

Sebelum UN tingkat SMA, gue denger kabar dia minggat dari rumah, alasannya karena mau minta motor baru. Gue tau sih keadaan ortunya, walaupun berkecukupan ortunya ga mau asal beliin barang ke anaknya kalo ga ada manfaat dan bisa ngerugiin dirinya. Karena Ujang emang ga paham tentang motor. Tanpa sengaja gue ketemu Ujang di tongkrongannya pas habis pulang sekolah

“Lo napa kabur Jang, mak lo nyariin, nangis terus tu nanti dia ga bisa jualan gue jadi ga bisa minta banyak bonus kalo bukan mak lo yang jagain warung “

“Biarin lah hid, sebelum beli motor baru gue belum mau pulang”

“Jadi, Obsesi lu mau jadi pembalap masih ada?”

“Iya lah”

“Gini lho Jang, kita temenan udah lama, kita sering minggat madrasah bareng, maling mangga bareng, ga bayar pempek bareng juga. Gue mau nanya sama lo boleh?”

“Apa hid?”

“Lo bisa ga benerin motor?”

“Kalo benerin kan bisa numpang di bengkel bang Mamad, jadi gue ga perlu lah paham motor kalo cuma mau jadi pembalap hid”

“Ga gitu Jang, gue juga punya ambisi mau jadi Programmer, tapi apa bokap gue langsung beliin? Ngga kan? Lo ingat ga dulu gue begonya tentang komputer gimana?”

“Lo aja SMP terancam ga lulus hid gegara main warnet semalaman. ”

“Nah itu dia Jang, gegara gue hampir ga lulus bokap gue beliin komputer”

“Maksudnya Hid?”

“Gue ga cuma ngebacot doang pingin jadi Programmer atau apalah, tapi gue juga berusaha, gue awal belajar ngetik pake komputer warnet, pokoknya apapun artikel tentang komputer gue baca, sampe gue hampir ngeinstall ulang komputer warnet karena penasaran cara install ulang gimana”

“Tapi ortu gue beda hid..”

“Beda dimana? Ortu lo bukannya pelit, tapi dia belum yakin lo bisa manfaatin dengan baik apa yang nantinya dibeliin, lo ganti oli aja jijik. Semua itu ada tahapnya coy, ga bisa lo langsung jago. Lo kudu belajar dulu kenali mesin-mesinnya, abis lo kenali lo pelajari juga cara memperbaikinya caranya gimana? Sering main ke bengkel bang Mamad, kayak gue, gue pingin belajar apa gue dekatin orang yang paham akan hal itu. Lo ga bakal bisa langsung jadi Valentino Rosi men, butuh ribuan hari dia latihan buat sampe di titik itu”

“Udahlah hid, sana lo. Ini hidup gue, terserah gue lah. ”

“Terserah . Gue pulang dulu, jangan lupa pulang Jang..” Jawab gue sambil menuju motor untuk pulang

Dari Ujang gue juga banyak belajar, ketika seseorang menginginkan sesuatu tetapi dia ga mau berusaha dan belajar, dan juga tidak bisa mengenali dirinya sendiri, Itu namanya Obsesi. Ketika dia ga bisa mencapai apa yang dia inginkan pasti yang bisa dia lakukan menyalahkan orang maupun keadaan. Dan gue juga punya impian jadi seorang penulis sekelas Raditya Dika, A.Fuadi, Alitt Susanto dll, gimana caranya supaya gue bisa seperti idola gue? Gue masih mencoba belajar menulis lewat blog ini, gue ga tau kapan bisa menerbitkan buku seperti mereka, tapi yang jelas gue ga mau nyerah. Kalo menyerah habislah sudah

Oke ini akhir dari post gue kali ini, jika ada yang mau memberi saran ataupun kritikan , tulis dikomentar !!!

No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive