Apakah Kuliah itu Penting?




Kuliah itu Penting ga sih? Banyak lho orang bisa sukses tanpa kuliah? Apakah kuliah cuma buang waktu doang?

Itu adalah keraguan gue 4 tahun lalu sebelum kuliah, jujur gue sebenernya ketika tamat SMA selalu bermimpi bisa kuliah di jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual), tapi malah terdampar di Tehnik Informatika, panjang sih ceritanya kok bisa nyasar kesitu tapi bukan itu yang mau gue bahas kali ini. Gue selalu dapat pertanyaan dari beberapa temen kerja dulu waktu baru masuk kuliah "Yaelah hid, buat apa kuliah, toh Presiden udah ada". Gue sih cuma bisa jawab "Ga apalah bang, moga aja dapat jodoh nanti pas kuliah". Dari awal gue kuliah ampe sekarang malah ga ada temen kampus yang kecantol. Sedih

Sejak semester 7, timbul lagi keraguan itu dalam diri gue . Gue ngerasa kuliah ga penting, karena apa? Gue sering ketemu temen sekolah yang ga kuliah tapi langsung kerja hidupnya terlihat jauh lebih bahagia daripada gue. Hal paling bikin gue malu untuk ketemu temen kadang mereka selalu nanya "Belum kelar ya hid kuliahnya?". Dan juga terkadang ngerasa kuliah cuma buang waktu doang, selama kuliah gue lebih banyak bermain PS didepan kampus daripada belajar. Karena apa? gue ngga puas kalo cuma belajar teori, gue lebih mudah nyambung ketika praktek. 

Terlebih lagi gue ngerasa kalo gue cuma mengandalkan ilmu ketika kuliah, skill gue bakal gitu-gitu doang, dimana titik jenuh itu melanda ketika skripsi. Gue nekad aja mengambil judul skripsi tentang Android, padahal gue belum pernah menyentuh sama sekali. Alhasil ketika seminar skripsi, judul gue di acc, ga tau mau seneng atau sedih yang pasti gue udah berani nekat "berjudi". Kalo berhasil gue tahun ini lulus, kalo ga paling kena usir bokap dari rumah.

Ketika skripsi mulai gue mau ga mau harus berusaha lebih extra, karena kebetulan seangkatan gue hampir rata-rata judul mereka  tentang website semua, gue belajar mulai dari grub komunitas di facebook, baca artikel dan juga belajar mengikuti tutorial di youtube. Disitu gue malah berpikir "Kuliah emang buang waktu, misalkan aku tekun aja 1 tahun belajar pemograman android, aku bisa lebih ahli dari ini"

Sampai detik gue nulis ini di blog gue masih punya pikiran “Coba aja aku menekuni apa aja yang aku suka, pasti aku bakal jauh lebih ahli dibidang yang aku suka”. Tapi gue juga menyadari beberapa hal yang bermanfaat yang gue dapain ketika kuliah, antara lain :

1.     Mengubah Pola Pikir

Ketika SMA gue cuma berpikir kebodohan hari ini selesai udah besoknya, gue ga pernah mikirin dampak yang terjadi kedepannya. Contohnya dulu gue pernah ngebut dijalan pas pulang sekolah, tanpa sadar mobil didepan gue belok dadakan tanpa ngasih lampu sen. Jika gue ga bisa ngerem tepat waktu pasti bakal kecelakaan. Selain ngerugiin diri sendiri pasti bakal ngerugiin orangtua gue. Tapi sejak kuliah gue jauh lebih hati-hati dalam berkendaraan. Ya walaupun tetap beberapa kali kecelakaan selama kuliah tapi itu bukan karena faktor keteledoran gue, tapi emang musibah bukan karena kebegoan yang gue lakuin.

2.   Membentuk Kepribadian

Tanpa sadar gue mengalami perubahan dalam kepribadian, berbeda dengan waktu SMP atau SMA, mungkin jika gue ga di ganggu orang pasti bakal gue ajak berantem pulang sekolah, tapi sejak kuliah walaupun kesel sama orang gue berusaha menahan diri agar tidak terjadi perkelahian.

3.   Memperluas Pergaulan

Ini adalah hal yang paling penting, karena sejak kuliah gue ketemu banyak orang dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda, karena temen kampus hampir semua udah kerja, jadi terkadang gue mendapatkan job dari mereka. Emang sih banyak teman banyak rejeki


Jadi bisa gue simpulin dari apa yang gue dapat selama 4 tahun terakhir kalo kuliah itu penting, dengan syarat lo mau berusaha tanpa cuma mengandalkan apa yang didapat dari kampus, Kalo mau ahli dalam satu bidang emang lebih baik fokus dibidang itu karena kuliah bukan tempat les privat. Dan juga sekarang gue bisa menjawab pertanyaan temen gue "Yaelah hid, buat apa kuliah, toh Presiden udah ada". Gue bisa jawab “Emang kuliah ga bisa bikin gue jadi Presiden, tapi seenggaknya dengan kuliah gue bisa memenuhi syarat untuk mencalonkan diri jadi Presiden”.

No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive