Jangan Bego di Waktu Muda




Beberapa hari ini terkahir banyak banget berita tentang dampak penyalahgunaan obat PCC. Akibat efek penyalahgunaan obat ini, korban bisa mengalami gangguan kepribadian hingga disorientasi. PCC merupakan obat keras yang tidak boleh dijual sembarangan atau harus seizin dokter. Namun obat ini dipasarkan dengan harga murah kepada siswa di Kendari, Sulawesi Tenggara. (Sumber disini).

Yang bikin gue heran, udah tau itu obat bahaya kalo salah gunainnya, tapi kok masih ada yang mau cobainnya? Buat adik adik yang mau coba terlihat keren ada banyak cara kok, ga perlu sok ngerokok, ngevape apalagi mabuk-mabukan. Kalo kalian sekolah masih dibayari emak sama bapak malu seharusnya.

Menurut gue masa muda seharusnya kita gunain untuk hal-hal yang bermanfaat, karena masa muda cuma datang cuma sebentar, di usia 17-25 tahun adalah waktu yang tepat buat kita mengobarkan api semangat muda kita, mencoba hal-hal baru yang positif dan juga menghabisin jatah gagal. Karena setelah lewat dari usia 25 tahunan kita seenggaknya udah mulai memasuki tahap yang jauh lebih sulit, yaitu berkeluarga.

Kenapa berkeluarga menjadi masa yang sulit? Karena selain kita harus sudah bisa bertanggung jawab untuk diri sendiri, kita harus bisa bertanggung jawab untuk anak dan istri. Ga mungkin udah nikah untuk kebutuhan keluarga masih minta orang tua. Ya menurut gue kalo belum siap buat berkeluarga mending ditunda dulu aja sampai kita siap untuk bertanggung jawab buat diri sendiri dan anak istri.


Sejak SMA , gue udah belajar mencari uang jajan sendiri, mulai dari gue print tugas temen dan juga buka jasa servis sama install komputer. Ya walaupun sedikit hasilnya tapi gue seenggaknya jajan udah pake duit sendiri, ga minta sama orang tua lagi. Waktu SMA juga gue aktif belajar di komunitas, salah satunya KLJ (Komunitas Linux Jambi). Dimana temen-temen komunitas tersebut rata-rata anak kuliahan dan juga udah banyak yang dewasa, sedangkan gue masih SMA sendirian. Hampir tiap hari gue nongkrong sambil belajar disana , padahal waktu itu gue belum ada laptop dan masih minjam laptop temen gue buat belajar dimana modus gue dulu minjam laptop sambil downloadin film bajakan buat dia.




Kalo kalian memiliki pemikiran yang seperti ini "Nakal dulu baru sukses". Yakin bisa berhasil? Opini gue , kita boleh nakal, tapi harus diiringi dengan usaha, jangan cuma nakal doang, nongkrong di alf*mart atau ind*maret sambil main game hp seharian. Itu namanya buang waktu, banyak kok contohnya temen gue yang begitu, mereka ga bisa mengatur waktu, jadwalnya kuliah mereka nongkrong sambil ngerokok, waktunya bikin tugas ga dikerjain, ujung-ujungnya apa? kuliahnya ga kelar . Gue aja bisa kok kuliah, kerja, sambil bantu usaha orang tua lulus tepat waktu dan nilainya bagus.




Jadi buat adik-adik yang masih sekolah, sekolah yang benerlah. Waktunya sekolah ya sekolah, waktunya bermain ya bermain. Mungkin sekarang ga bakal ngerasa nyesel, tapi 10-20 tahun lagi bakal ngerasain penyesalannya. Ga usah sok-sok jagoan ngebut dijalan, ngerokok, ngevape apalagi pake narkoba. Itu cuma ngerusak elo aja. Kecuali lo anak orang kaya, ga begitu masalah, nah kalo lo punya orangtua yang keadaanya pas-pasan gimana? Malah nambahin beban orangtua kan? Apalagi sampe lo meninggal karena sok sok jagoan, udah didunia susah, diakhirat apalagi?


Itu aja sih pingin gue tulis kali ini, Pokoknya mumpung masih muda, habisin jatah gagal, jangan takut mencoba hal baru yang menurut lo positif dan bermanfaat dan yang terakhir dan paling penting yaitu berdoa kepada Tuhan. Karena with god everything is possible. Jika ada saran dan masukan dari kalian, tulis dikomentar ya!!

No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive