Jangan Takut Patah Hati




Kalo ngga patah hati, kita ngga bakal dewasa. Itu adalah kalimat yang gue dapatkan dari beberapa kisah yang gue alami selama ini bersama para mantan calon gebetan gue. Cinta itu seharusnya hal yang menguatkan seseorang, bukan melemahkan seseorang, karena apa? Ketika kita berani mencintai kita harus siap untuk patah hati juga.

Kali ini gue mau cerita tentang patah hati, langsung aja cekidot

Sebut saja namanya Ujang, umurnya 26tahun rambutnya rapi belah tiga berwarna hitam, tingginya 170M dan juga penikmat dangdut koplo, style OOTDnya selalu pake skinny jeans yang dia robek dibagian dengkul dan baju partai yang dia dapat ketika kampanye, Ujang ga pernah peduli dengan dandanannya, yang ada dipikirannya cuma 'Bodoh amat penampilan gue berantakan, yang penting gue nyaman dengan apa yang gue lakuin, toh ga ada cewe yang ngelirik gue'.

Ujang bekerja disalah satu perusahaan kendaraan roda dua, dia bekerja sebagai penjaga gudang spare part kendaraan, Ujang emang absurd, sebenernya dia ga paham otomotif ataupun kendaraan, dia ketika tamat SMP masuk STM jurusan otomotif bukan karena dia suka otomotif, tapi karena benci matematik, kegiatan kesehariannya cuma bangun pagi, kerja, begadang main gaple.

Sampai disuatu titik Ujang bertemu dengan Mutia, temen dari Vita -temen Ujang ketika SMP dulu-, mereka ketemu ketika acara ulang tahun Vita disalah satu kafe, perkenalan yang wajar pada umumnya ketika seseorang saling ngga kenal dan kemudian saling dikenali oleh satu orang.

‘ Eh Mut, ini Ujang temen SMP gue dulu’ Kata Vita, Menarik Ujang yang lagi garuk-garuk rambutnya.

‘ Eh iya, Hai Ujang’ Mutia tersenyum tipis 

‘ err. Iya .. Hai Mut’ Jawab Ujang.

‘ Jangan naksir ya jang, gue ga tega liat temen gue yang satu ini misal jalan sama elu . Hahahha’ Kata Vita.

‘ Apaan sih lu Vit’ Kata Mutia ‘ Santai aja kali Jang, Vita emang gitu suka sok ngelarang gue kenalan sama temennya hahah ‘

‘ Iya apaan sih Vit’ Jawab Ujang

‘ Khusus Ujang ini beda lho Mut, dia in super absurd, waktu SMP dia kan temen sekelas gue, dia pernah naksir seseorang, cakep, dewasa, pinter. Tapi… ‘ Vita sengaja menghentikan kalimatnya

‘ Eh jangan dibahas Vit..’ Kata Ujang

‘ Tapi apa Vit’ Tanya Mutia

‘ Tapi dia guru BK kami Mut . Hahaha ‘ Jawab Vita

Vita dan Mutia ketawa, Ujang pingin pindah ke Zimbabwe.

Sejak bertemu dengan Mutia, Ujang merasa kalo dia mungkin bakal cocok dengan Mutia, wajar aja sih Mutia secara fisik merupakan wanita yang cantik, dengan kulit putih, rambut lurus hitam dan ga punya jakun. Pokoknya secara fisik dia wanita idaman Ujang, selain itu dia juga sering bertanya ke Vita banyak hal tentang Mutia dan ternyata mereka banyak kesamaan, contohnya mereka sama-sama suka martabak, sama-sama suka SMASH dan juga kalo makan bubur suka pake sumpit.
        
      Untuk mendekati Mutia , Ujang mulai mencoba mengubah dandanannya yang kalo keluar cuma pakai baju kaos partai, sekarang pakai kemeja rapi, celananya yang robek sekarang udah ditambal pake gambar spongebob dan rambutnya yang dulu disisir belah tiga, diganti jadi belah ketupat. Dengan dandanan baru Ujang lebih percaya diri buat ngajakin jalan dan juga Mutia sudi diajakin Ujang buat jalan bareng.

         ‘ Eh . Vit , gue mau tanya serius sama lho nih’ Ujang mengirimkan pesan singkat ke Vita

         ‘Iya ada apa bro? tanya aja ’

         ‘Temen lo sih Mutia itu lagi kosong ga?’

         ‘Maksudnya ? Jomblo? ’

         ‘Iya , gue ngerasa nyambung aja ngobrol ama dia dan mau juga gue ajak jalan bareng, walaupun cuma makan diwarteg’

         ‘Gatau gue jang, gue sih kemarin pas ketemu ama dia pas dua hari sebelum gue ultah dan itupun ketemunya di supermarket pas gue beli pembalut. ’

         ‘Ga usah elu jelasin secara rinci juga keles kejadian elu ketemu dia’

         ‘Haha takutnya elu ga percaya. Yaudah coba aja’

Seminggu kemudian Ujang menyiapkan moment buat mengutarakan rasa cintanya ke Mutia, dia udah nyiapin semuanya, mulai dari bunga, coklat ampe pengacara, seandainya dia ditolak Mutia bakal dituntut dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan.

- Sesampai diwarteg tempat mereka janjian buat sarapan bareng –

‘ Mut, gue boleh tanya’ . Kata Ujang

‘ Tanya aja jang, santai aja lah ‘ . Jawab Mutia

‘ Gini lho, gimana ya?’ Tiba-tiba Ujang pankreasnya tumbuh tumor

‘Nyantai aja jang, ga usah gugup. Eh btw elu ngajak gue jalan gini emang elu ga ada pacar jang?’

‘Ngga kok ’ Ujang menjawab dengan semangat

‘Emang sih jang, nyari yang serius itu emang susah’ Jawab Mutia

‘Kalo lo udah punya pacar Mut?’ Ujang menanyakan balik

‘Hahah gue ga ada pacar kok jang’ Jawab Mutia

‘Berarti lu jomblo ya? Hahah’ Ujang nanya lagi

‘Enak aja jomblo haha, Gue udah tunangan jang, Ini buktinya’ Mutia sambil menunjukan cincin di jari manisnya

‘Ha? Elu udah tunangan? Serius? ’

‘Iya Jang, 2 bulan yang lalu sebelum gue pindah ke sini’ Mutia menjawab dengan serius

‘Lah lu kok mau gue ajak jalan?’ Ujang bengong

‘Gue emang ga ada temen disini jang, Tunangan gue masih di Jakarta kerja, gue kesini buat liburan aja jengukin eyang gue yang sakit, soalnya sejak kecil gue emang sering pindah-pindah kalo sekolah, jadi gue emang ga ada temen, disini temen yang lumayan deket ya cuma elu ama si Vita, elu juga orangnya asik absurd gitu enak buat jadi temen ngobrol’ 

‘Ohh gitu’ Tiba-tiba Ujang sakit komplikasi ambeyen dan asma.

Setelah acara makan diwarteg Ujang langsung demam dan ga mau lagi kontakan sama Mutia, bukan karena ditolak , tapi karena Mutia sudah ada yang memiliki. Menurut gue, hal yang paling cukup menyakitkan dalam hidup itu bukan karena bertepuk sebelah tangan, tapi ngga bisa memiliki seseorang yang kita sayang pas lagi kita sayang-sayangnya sama dia.

Dan juga ada satu hal yang penting dalam hidup ini, lebih baik kita mengetahui kenyataan sebenarnya walaupun terasa pahit. Contohnya yang simple gini, elu cowo, trus suka sama seorang cewe, daripada elu diem-diem aja ngga nyatain perasaan lo dan pas udah lama nunggu eh ternyata dia udah punya pasangan. Lebih baik langsung aja menyatakan perasaan lu ke dia, misal ditolak? Ya ga apa-apa seenggaknya elu ngga berharap lagi kedia dan tau alasannya kenapa.

Jadi menurut gue patah hati memiliki beberapa manfaat yang jika kita bisa melihat dari segi positifnya akan berdampak baik buat orang yang mengalaminya, antara lain :

1.     Terlahirnya sebuah karya yang indah

Percayalah, ketika seorang lagi patah hati atau lagi galau-galaunya bisa menciptakan suatu karya yang indah, misalnya puisi, tulisan, lagu dan lain-lain. Karena apa ketika kita bisa mengeluarkan keresahan kita dan bisa tersampai ke orang lain pasti akan menjadi karya yang indah dan bisa diterima orang lain yang juga pernah mengalami. Contohnya aja lagu-lagu galau, Kenapa lagu-lagu galau atau tentang patah hati bisa laku dan disukai banyak orang? Ya karna mungkin apa yang dirasakan oleh pencipta lagu tersampaikan ke penikmat lagu tersebut

2.   Membuat seseorang makin dewasa



Patah hati juga membuat kita makin dewasa, karena apa? Semakin kita sering mengalami patah hati maka kita akan semakin terbiasa. Misalnya dulu kalian waktu SMP masih cinta monyet disekolah, naksir sama seseorang lalu ditolak mungkin ada sebagian yang sedih dan sampai menangis, tapi semakin lama kita pasti akan terbiasa jika menghadapi hal yang sama dan membuat kita jauh lebih dewasa dari sebelumnya

3.   Mengetahui siapa yang bakalan ada untuk kita


Ini termasuk hal yang paling penting menurut gue, karena ketika kita lagi dalam posisi paling down, kita akan beneran tau siapa yang beneran ada untuk kita saat senang maupun susah. Karena ketika kita lagi senang pasti bakal banyak temen yang menghampiri kita, tetapi ketika kita sedang jatuh terpuruk apakah ada yang menghampiri kita?

4.   Waktunya untuk mengoreksi diri


Jika kita mengutarakan isi hati kita terhadap seseorang lalu kita ngga diterima dia, pasti ada sesuatu hal yang ada pada diri kita yang ngga menarik, misal dari dandanan rambut, style keseharian bahkan juga tingkah laku kita. Nah seharusnya kita hanya perlu memperbaiki yang mana menjadi kekurangan kita dan harus bisa menyadari kalo hal itu harus kita ubah supaya menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi

Oke sampai sini aja tulisan gue kali ini, ada satu quote yang gue suka banget dari Raditya Dika di film Koala Kumal dimana dia berkata gini “ Kamu boleh patah hati, tapi jangan tutup hati kamu” . Jika ada yang mau menambahkan atau memberikan saran. Tulis dikomentar yak


        

No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive