Manfaat Rasa Syukur






Bersyukur adalah cara terbaik untuk berterima kasih terhadap nikmat yang telah Tuhan anugerahkan ke kita sebagai manusia, baik itu nikmat jasmani maupun rohani  sejak kecil anak-anak pasti diajarkan untuk mengucapkan terima kasih ketika menerima hadiah dari orang lain supaya memupuk nilai bersyukur sedini mungkin.

Bersyukur itu sepertinya hal yang simple tapi beneran susah dijalankan, contohnya dulu cuma punya sepeda, ketika sudah punya sepeda ingin punya motor, dan setelah punya motor ingin punya pacar. Ya itulah yang disebut nafsu yang emang ada pada diri setiap orang dan rem yang paling pakem adalah dengan bersyukur supaya kita tidak menjadi manusia yang kufur nikmat.

Beberapa hari yang lalu pas gue lagi sibuk ngurusin laporan kerja praktek kampus gue, om Rianto -Temen bokap gue- datang kerumah, doi dulunya raja MLM dikota gue, jaringan MLMnya luas banget, gue tau karna gue pernah dijebak MLM sama temen gue dan hampir masuk sarang tapir disana.

Kehidupan om Rianto ini mewah banget, karna waktu gue SD doi udah mulai menekuni bisnis MLMnya, dulu doi hidupnya biasa aja sama kek keluarga gue juga. Rumah masih ngontrak, jalan-jalan masih pake motor, dan juga kalo pipis di kamar mandi. Tapi ketika gue SMA kehidupannya berubah drastis namanya udah terkenal dikalangan MLMnya, rumahnya mewah banget luasnya 5 hektar, saking luasnya pembantunya pun punya pembantu untuk membantu kerjaannya, pokoknya sempurna banget lah.

Pernah ketika lebaran 2012 ketika gue SMA dia mampir kerumah gue pake mobil barunya bareng istrinya, dia cerita ketika puasa kemarin ketika sahur dia di Jambi dan pas mau buka puasa dia terbang ke Jakarta cuma buat buka doang, abis taraweh dia pulang lagi. Dia juga cerita udah pernah jalan-jalan keluar negeri dan memamerkan fotonya tersebut, ketika itu gue iseng mau nanya gini ke dia " Om rasanya eek diluar negeri itu gimana?" Sebelum gue melanjutkan pertanyaan kedua kuping gue dijewer bokap.

Percayalah semakin tinggi pohon maka semakin kencang anginnya. Dengan materi yang melimpah om Rianto mulai merasa bisa menaklukan dunia, dia sering keluar kota cuma buat cari hiburan aja, pokoknya apa yang bisa membuat dia seneng dia lakuin, dia membalas dendam dengan keadaan yang dulu dia ga bisa apa-apa dengan membeli hal yang ga berguna . Sampe dimana dia mencoba untuk menjadi wakil rakyat, padahal dia ga punya basic politik dan kemampuan memimpin, dengan angkuh dia mencalonkan diri dan "berjudi" dengan pilihan hidupnya sekarang. Alhasil karena tidak pernah mendengarkan perkataan pasangannya dan seenak udelnya sendiri mengambil keputusan semua materi yang dia kumpulkan ludes cuma buat mencalonkan diri, istri yang setia meninggalkan dia karena keangkuhannya dan teman yang dulu mendukungnya mendekatinya ketika ia berjaya kabur entah kemana

Ketika dia datang kerumah gue kemarin, gue masih seperti biasa ngeliat gaya dia, sok sibuk bisnis tapi ngga tau bisnis apa, terkadang asik aja gitu ngedengerin orang yang berbohong tapi kita tau apa yang diomonginnya cuma omong kosong belaka. Ujung-ujungnya dia mau minjem duit ke bokap gue, alasannya motornya mau ditarik oleh leasing karena belum bayar angsuran, bokap ga mau ngasih, bukan karena bokap gue pelit. tapi apa? ketika kita mau meminjamkan uang ke temen, kita bakal dihadapkan oleh dua pilihan, Kehilangan uang atau temen? Its your choice

Dari pengalaman doi gue banyak belajar, ketika kita lagi diberi kemudahan dalam rezeki kita harus sadar rezeki itu hanya titipan Tuhan untuk kita jaga, kalo bisa bermanfaat untuk orang lain pasti Tuhan akan memberikan rezeki yang lebih banyak, tapi jika kita tidak bisa menjaganya maka akan diambil lagi oleh Tuhan untuk orang yang lebih membutuhkan, 

Jadi cara supaya ga mengalami kejadian gimana HiDz??? Ini menurut gue :


1. Tidak meremehkan orang lain



Maksud tidak meremehkan orang lain menurut gue ialah mau mendengarkan saran dari orang lain, contohnya seperti diatas tadi, kita harus tau apa itu keinginan dan ambisi, keinginan bisa saja kita capai jika kita beneran serius menekuni hal yang ga bisa menjadi bisa sedangkan ambisi itu cuma nafsu belaka untuk mendapatkan sesuatu yang kita ngerasa ga cocok dengan diri kita. Karena terkadang kita membutuhkan orang lain untuk melihat suatu sisi yang ga kita bisa lihat.

2. Tidak meremehkan nikmat Tuhan



Ini yang paling penting, kita harus selalu berterima kasih terhadap nikmat Tuhan sekecil apapun, terkadang kita terlalu sombong dengan nikmat yang dititipkan Tuhan dan mengganggap kita bisa malakukan sesautu karena kehebatan kita, Without GOD , You're Nothing. 


3. Jangan Tamak



Seperti penjelasan gue diatas, udah punya pasangan yang baik, rezeki yang cukup dia tetep ngga merasa cukup dengan hidupnya, selalu ingin lebih dan lebih terus. Ibaratkan kita makan, makanlah secukupnya jangan berlebihan bisa muntah bung, begitu juga dengan materi, biarlah mendapat sedikit rezeki yang penting bisa dipertanggungjawabkan daripada banyak tapi ya gitu deh.

Oke ini akhir dari post gue, maaf gue jarang banget ngurus blog sekarang soalnya gue lagi sibuk ngurusin jande sebelah rumah , eh maksudnya skripsi. Jika ada yang mau dishare tentang pengalaman, tulis dikomentar yakkk . 
     

1 comment:

  1. permisi kakak2 numpang promo ya
    yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini bersama kami di www.saranapelangi.com. kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website. dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online ? ayo buruan gabung bersama kami di www.saranapelangi.com

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.com atau melalui android kami.

    - BBM : 2B47BB9C
    - CALL : +855964972098
    - WEECHAT : saranapelangi
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
    - FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

    ReplyDelete

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive