Selesai Kuliah Mau Kemana?




Menyelesaikan pendidikan baik itu sekolah maupun kuliah menjadi kebahagian bagi banyak orang , tapi ngga bagi gue? kenapa? jika kita ngga bisa menemukan passion dan potensi kita setelah menempuh pendidikan itu akan terasa hampa . Karena gue pernah ngerasain hal itu .

Sejak kecil gue emang demen banget dengan yang namanya film dan juga cerita , karena dulu setiap hari sebelum tidur gue selalu baca buku seperti Bobo , SiKancil dan juga siksa kubur . Ketika zaman SD pun gue juga hobbi menulis cerita , yang awalnya cerita fabel nyasar jadi cerita maling kundang . Gue inget banget zaman sd dulu belum pernah nyentuh yang namanya komputer dan bikin ceritanya di setiap halaman terakhir buku tulis , pertama kali menggunakan komputer itu waktu SMP dan juga zaman itu gue cuma bisa gambar pemandangan sawah sama gunung pake paint . 

Ketika lulus SMP , gue masuk ke sekolah SMK Jurusan TKJ (Tehnik Komputer Jaringan) . Selama sekolah semuanya berjalan lancar , bisa dibilang gue termasuk anak yang cukup terkenal (ehemm) di kalangan temen sejurusan , karena gue tipikal pecundang yang pantang nyerah , zaman SMK dulu gue sering ngeremaster sistem operasi linux sesuai apa yang gue inginin trus di bundling jadi sistem operasi baru buatan gue sendiri dan juga bikin percobaan yang aneh-aneh tentang komputer .  Tetapi ketika sekolah ada 1 pertanyaan yang mengganjal dalam hidup gue . Setelah ini aku akan kemana??

Berawal dari salah satu temen sekolah gue yang bawa buku Babi Ngesot tulisan bang RadityaDika  gue mulai menyukai hal yang berbau tulisan dengan genre komedi , dengan mental gratisan gue minjem semua buku temen gue itu dan mulailah hobbi membaca muncul kembali , dan klimaksnya ketika baca buku Skripshit dan sering baca postingan tulisan Alitt Susanto di blognya . Gue juga udah pernah ketemu dengan kedua penulis favorit tersebut , ya walaupun ngga sampe foto bareng juga pas acara seminarnya .



Dan sekarang gue memasuki semester tua yang mulai menuju ke skripsi , gue bukan takut buat skripsian tp gue bingung setelah lulus ini mau kemana? Karena gue bingung ntar abis lulus bakal kerja dimana dan dibidang apa, atau mau buka usaha apa? trus kalopun mau nikah calonnya juga belum ada . Karena juga dulu pernah ngerasain kuliah sambil kerja gue sekarang ngerasa malas buat  buat nyari 'kerja' tapi bukan berarti malas buat bekerja. Karena selama kerja gue ngerasa apa yang gue lakuin gini-gini aja dan juga hasilnya itu-itu aja seperti ngga ada tantangan baru aja . 

Ada satu kalimat yang nampar banget buat gue " Buat rencana hidup atau jadi rencana hidup orang lain " , dan karena kalimat itulah gue sekarang mau coba konsisten menjalani apa yang gue sukai seperti menulis ini , gue ngga peduli ada yang mau baca atau ngga yang penting nulis aja dulu buat memuaskan hasrat birahi jari-jari gue . Gue punya mimpi buat bisa nerbitin buku dan juga bikin film sendiri sesuai kisah hidup . Tapi guue ngga tau ini bakalan berhasil atau ngga,  yang jelas selama ngga mau berusaha dan mencoba ngga bakal tau hasilnya .

Dari sekian banyak pengalaman gue melihat beberapa temen yang udah tamat , gue bakal dihapakan dengan beberapa pilihan , Yaitu :

1 . Menikah




Persentase Terjadi 1% 

Menikah itu ngga gampang , harus ada calonnya dan gue belum ada . Dan juga menikah itu ngga cuma sehari atau dua hari , tapi untuk selamanya . Apalagi biayanya cukup buat gue ternak lele . Mulai dari makan , wedding organizer , photography , rias dll .  

2 . Nganggur


Persentase Terjadi 10% 

Gue udah ngerasain kerja yang bukan dibidang yang gue sukai . Pasti peluang untuk menggangur akan cukup terbuka , tapi juga ngga nganggur amat sih gue juga paling bantuin usaha bokap gue . Ya itung-itung lumayanlah duit hasil bantu usaha bokap nanti buat modal usaha sendiri ataupun mengembangkan usaha bokap . 

3 . Kerja


Persentase Terjadi 25% 

Ini opiniku ya : Dalam kerja akan ada 2 pilihan yang bakal kita hadapin . Pertama kita akan jadi mesin atau yang kedua kita hanya akan jadi baut pelengkap . Karena apa? Jika kita bekerja di perusahaan yang baru mulai atau berkembang kita tentu akan jadi mesin penggerak untuk kemajuan perusahaan tersebut . Tapi jika kita bekerja di perusahaan besar dan maju , ya paling cuma jadi pelengkap aja karena pasti perusahaan tersebut memiliki karyawan senior yang loyal dan jauh lebih berpengalaman di perusahaan tersebut . 


4 . Buka Usaha Sendiri


Persentase Terjadi 35% 

Jadi enterpreneur adalah salah satu impian gue juga , gue punya impian punya kafe yang franchisenya ada dimana-mana seperti KFC , Strabuck dll. Tapi untuk buka usaha modal juga gede , dan juga usaha yang dibuka harus yang menjadi kebutuhan setiap hari orang sehingga orang-orang senantiasa mendatangi tempat usaha kita , kalo bisa ya beda dan jangan yang "mengikut" trend pasar , karena apa? biasanya sih cuma dalam jangka waktu tertentu usaha itu akan meroket dan sisanya kalo ngga bisa survive bakalan collapse . Dan juga ada 1 hal yang pasti usaha yang akan berjalan adalah usaha yang dijalani , ga usah dipikir yakin aja. 

With God Everything is Possible - Erix Soekamti


5 . Menjalani Hobbi 


Persentase Terjadi 15% 

Menulis , menggambar , foto dan hobi jika ditekuni dan konsisten bisa menjadi profesi , contohnya aja main bola , kalo tekun latihan dan konsisten pasti kita akan menjadi profesional dibidang yang kita suka dan juga pasti menyenangkan kalo bisa dapat duit sambil melakukan hobi atau hal yang kita sukai .

Oke ini akhir dari kegelisahanku saat ini, semoga apa yang nanti gue pilih menjadi pilihan terbaik dalam hidup  , buat temen-temen yang punya saran atau mau berbagi pengalaman tulis di komentar yak

3 comments:

  1. yah gitu lah bro, kebanyakan anak muda sekarang keasikan main. dari sekian banyak temen gue, mungkin cuma beberapa yang sudah menyusun rencana kedepan.

    selebihnya bersantai-santai dengan dalih " ngapain juga ngoyo-ngoyo, masih muda nggak perlu kerja keras" padahal masa muda gunanya untuk kerja keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro , Mungkin mereka punya prinsip minkmati hepi waktu muda dan pedih saat tua . Suwun udah mampir . Salam Kenal

      Delete
  2. Semoga bisa menentukan pilihan selanjutnya ya! :D

    Dulu sih aku langsung kuliah. Abis kuliah baru pusing nyari kerjaan. Hahah.

    ReplyDelete

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive