Manfaat sebuah Pendidikan




Sore hari ketika mau berangkat kuliah , gue bertemu dengan salah satu temen sekolah dulu , sebut aja namanya Ujang , Doi sekarang kerja sebagai tukang cat rumput di kantor Gubernur . Padahal dulu Ujang bisa dibilang murid yang cukup pinter di sekolah , akan tetapi dia berada di sekolah yang salah . Maksudnya ‘sekolah yang salah’ disini ialah Ujang salah memilih jurusan disekolah . Ujang hobby banget dengan hal yang namanya pelajaran exsakta , tetapi dia malah masuk STM jurusan otomotif . Dia mengkhianati bakat serta passion dia yang akan menjadi bom waktu dikemudian hari . Dan akhirnya dia ngga paham  otomotif dan bakat serta passionnya juga memudar .

Sebelum berpisah jalan kami sedikit ngobrol basa basi sedikit dan doi mengajak gue untuk nanti malam ikut ngumpul sambil ngopi bareng di salah satu kafe deket rumahnya setelah itu gue langsung menuju kampus dan ternyata dosen makul hari itu ngga masuk .

” Ehh Bro gimana kuliahmu? ” Tanya Ujang

” Ya biasa aja sih , gue orangnya KuPu-KuPu jang , gue juga sering ada job foto bro “

” Kenapa ngga sambil cari kerjaan lain yang pasti aja bro gajinya , kan lu bisa kuliah sambil kerja “

” Iya sih emang , tapi gue lebih memilih ngerjain apa yang gue suka toh sekalian ngasah passion gue bro di bidang foto dan juga gue lagi nyoba beralih ke videography . ya walaupun mash belum jago ngedit foto sama video tetapi udah sedikit paham lah caranya ” Jawab gue

**Ngga lama pelayan kafe datang**
“Mau pesan apa mas ” Pelayan kafe tersebut memberikan daftar menu

” Kopi hitam pahit satu mas itu aja mas ” Jawab Gue

” Kopi biawak 1 mas , makannya mie goreng mas , gorengnya kalo bisa pake minyak kayu putih ya mas ” Jawab Ujang

” Iya mas , mohon tunggu sebentar ya mas “

Sambil mengobrol basa basi bentar Ujang mulai sedikit menceritakan tentang pekerjaannya . bisa dibilang dia beruntung sekaligus menyesal dalam bekerja , emang sih sejak tamat sekolah doi udah mulai bekerja sebagai tukang cat rumput dan gajinya sekarang cukup buat dia beli hp , motor serta buat traktir cabe-cabean jalan bareng . Tetapi dia ngga menikmati pekerjaannya , terkadang terbesit dibenaknya untuk resign dan mencoba pekerjaan yang baru , tetapi dia malah makin bingung mau kerja apa karena dia udah ngga tau passion dan bakatnya dimana sekarang . Sambil menikmati kopi hitam tadi gue memiliki sedikit beberapa pandangan terhadap manfaat kita ketika sekolah , yaitu

1 . Menemukan Bakat / Passion



Setiap dari kita pasti punya kelebihan dan kekurangan . Misalnya gue sendiri ngga begitu jago dalam hal pelajaran hitung-hitungan tetapi cukup paham tentang desain , video dan juga menulis . Nah ketika kita sudah tau dimana kelebihan dan kekurangan diri kita , kita bisa fokus ke hal yang menjadi kelebihan . Jangan terlalu fokus ke hal yang kita lemah , karena jika kita terlalu fokus mengurusi kelemahan kita , kelebihan kita malah nanti hilang .

2. Memperluas Pergaulan


Hidup yang paling indah adalah ketika kita bisa memiliki orang-orang yang satu visi dan misi dengan kita , karena ketika berada dilingkungan itu kita bisa berdiskusi tentang apa yang kita suka , selain bisa berdiskusi kita bisa memperluas pertemanan . Ingat bangat teman banyak rezeki . Sehari mencari 1 teman itu susah , tapi mencari 1000 musuh dalam sehari itu mudah . Ketika ada orang ngumpul , lemparin aja mereka . niscaya akan banyaklah musuh .

3. Mengubah Pola Pikir


Mindset disini yang gue maksud bisa dibilang the next visi yang bakal kita capai nantinya . Salah satu Impian gue pribadi ialah bisa menjadi Director Film . Untuk mencapainya ngga mudah , kudu belajar tentang tehnik foto yang baik , desain yang bagus , membuat dan edit video serta menulis script untuk ceritanya akan di direct dan masih banyak lagi sebagainya . Hidup bakal gini aja kalo yang dilakuin itu-itu aja . Jadi kita harus punya visi supaya kita ngga cuma hidup di rencana orang lain .


Ada salah satu kalimat yang menampar banget buat gue  sendiri , yaitu “Buatlah rencana hidupmu sendiri atau menjadi rencana hidup orang lain” . Inilah akhir dari post gue buat yang pernah ngalamin hal diatas dan ingin berbagi pengalaman share di komentar yakk.

No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive