Beberapa hal yang ga gue setuju dari cara mendidik




Sabtu siang kemarin sepulang dari kantor , gue iseng keliling bego cari BBM , tau sendirilah alasannya apa , gue mau ngojek pas malam minggunya . Setelah sekitar sejam gue antri BBM dan mau pulang , pas sampe deket SD gue dulu , gue ga sengaja ngeliat ada anak kecil nangis kayak lagi di bully , gue pun awalnya malas mau ngecampurin urusan anak kecil , tapi ga lama gue stop di lokasi ada orang bapak-bapak yang juga marahin anak itu . Gue pun penasaran dan mencoba melihat apa yang terjadi disana , dan ternyata bocah itu dituduh lagi nyuri uang dari toko bapak itu.

Gue pun awalnya sih ga begitu peduli sama kejadiannya dan juga mau langsung pulang nyeduh kaos kaki , tapi ga lama gue dengar bapak itu "ngancem" anak kecil itu dan dia bilang gini "Kalo, kamu ga mau ngaku , bakalan bapak laporin ke orangtuamu" dan anak kecil itu nangis ga berkesudahan kayak lagi abis di "brainwash" sama mas mas MLM . "Saya ga nyuri pak , sumpah demi Tuhan saya ga nyuri pak" ucap anak itu . Karna gue pun ga tega ngeliat anak kecil itu gue pun nyamperin tu bapak 

" Ada apa ini pak , kok anak ini sampe nangis mau muntah gitu" tanya gue ke bapak berkumis kayak Charlie Chaplin

" Ini mas , anak ini nyuri di toko saya , siapa sih mas yang ga marah tokonya di curi " Bapak itu merah merona mukanya 

" Gini aja pak , emang berapa kerugian bapak? apa yang dicuri dia ? ada saksinya juga ga pak ? Kalo bapak asal tuduh , bapak bisa saya laporkan pak . Soalnya anak ini masih dibawah umur dan bapak juga bisa kena pencemaran nama baik anak ini " Gue pun ga mau kalah sama si Chaplin ini

" Yang pasti pas anak ini di toko saya , uang saya ada yang hilang mas Rp.10.000 , pas saya tanya ke anak yang lain katanya ini anak yang nyuri uang saya, siapa sih mas yang ga marah"

" Gini aja pak , bapak punya anak? gimana kalo anak bapak saya tuduh nyuri di toko saya trus saya laporkan ke bapak kalo anakny nyuri , apa yang bapak lakukan ke anak bapak?" Gue naikin nada suara gue

" Yang jelas saya kasih "pelajaran" anak saya biar ga mencuri lagi" Jawab bapak itu tegas

" Gini pak , anak kecil itu selalu berpikir kalo orangtuanya adalah pahlawannya , nah ketika bapak memarahi atau memukul anak bapak yang kemungkinan ngga bersalah , maka yang sakit itu bukan fisiknya ketika bapak memukulnya , tapi hatinya pak yang sakit . karna dia berpikir kalo pahlawan yang dibutuhkan untuk melindungi dia dari kejamnya dunia udah ngga mempercayainya lagi ". Gini aja pak , misalnya cuma segitu kerugian bapak biar saya ganti aja pak , kasian anak ini udah di jauhi oleh temannya dia juga mungkin bakal trauma pak"

" Iya mas , ga usah di ganti mas , saya juga minta maaf sama mas " Bapak itu tiba-tiba linglung kayak habis kena prospek MLM

" Ini pak ambil aja , biarin anak ini pulang , kasian nanti mentalnya jadi rusak " 

" Terima kasih mas " Bapak itu pulang ke tokonya

*Gue nangis duit terakhir di dompet gue kasih ke bapak itu*

Terkadang gue kesal dengan cara yang menurut gue salah yang dilakukan oleh oknum orang dewasa ataupun oknum orangtua yang salah memberi "arahan" ke anaknya ketika  melakukan kesalahan , gue juga dulu waktu kecil pernah dimarahin bokap karna kesalahan yang ga pernah gue buat ketika bocah dulu, menurut gue anak kecil itu ketika melakukakan "kesalahan" ga harus diocehin , dimarahin ataupun sampe dipukul , karna itu bisa bikin trauma dia juga . Menurut gue ada beberapa hal yang gue ga setuju tentang cara mendidik anak . Chek it out gaes


1. Langsung menuduh tanpa ada bukti nyata 



Seperti kasus diatas , terkadang bukan cuma anak-anak aja yang ga suka dituduh , kita sendiri yang dewasa juga ga suka yang namanya "dituduh" . Siapa sih yang ga kesal kalo dituduh melakukan sesuatu yang ga kita kerjain . Misalnya gini , Di suatu kelas ada seorang anak yang kehilangan pena , sebut saja Surti namanya, nah dikarnakan ketika waktu istirahat sekolah ada anak bernama Ujang sakit perut karna dia setiap paginya minum tinta printer , dia istirahat di kelas. Setelah istirahat selesai ternyata Surti penanya hilang . Dan yang dituduh siapa? Yap Ujang . Padahal dia sebenarnya ga ngambil itu pena , tapi karna keseringan dituduh dia mungkin akan "berubah" menjadi apa yang dituduhkan oleh orang lain


2. Memukul dengan "emosi"


Terkadang ada oknum orangtua yang terlalu "keras" terhadap anaknya . Hanya karna permasalahan sepele pun dia sampai memukul anaknya sendiri . Jaman gue kecil , selama gue ga pernah ngelakuin kesalahan yang "fatal" bokap ga pernah sekalipun menampar atau memukul gue , paling kalo pun memukul gue bokap juga sambil memberikan ilustrasi kek gini :

Kasusnya gue pulang SD dulu berantem sama temen , dan gue pun cerita ke bokap kalo gue berantem , tanpa gue sadar tangan gue dicubit bokap , gue pun menjerit . Lalu bokap juga mencoba mencubit gue lagi lalu gue reflek menghidar . Ga lama itu bokap nasihatin gue " Di cubit sakit ga? kalo tau dicubit itu sakit jangan pernah nyubit orang lain , soalnya kalo mau nyubit mau ga mau harus siap juga dicubit, lalu abang sadar ga kenapa ketika bapak mau mencubit lagi abang menghindar ?"

Gue jawab " Yaiyalah pak , sakit , mana mau lagi aku dicubit"

"Nah berarti kalo sudah belajar , makanya kalo abang tau kalo orang itu emang mau gangguin abang , mending dijauhin aja , toh kalo diladeni kan abang bisa sakit orang itu juga sakit . Ujung-ujungnya bisa bermusuhan. itu ga baik "


3. Mengancam




"Kalo Ujang ga mau ngaku yang mencuri pena , Ujang tahun depan ga naik kelas"

" Diem - diem aja kamu jang kalo aku nanti malam ga pulang ke rumah , jangan bilang papa" Ancam Slamet ke Ujang

"Kalo kamu ga ngamen , kamu saya hajar"

Masih banyak lagi jenis kalimat ancaman yang sering Ujang denger sejak kecil, saking seringnya , mental Ujang pun sering tertekan jika ingin melakukan apa-apa . Kadang gue kesal ngeliat orang yang lebih "besar" malah menekan anak-anak yang belum ngerti apa-apa . Gue juga pernah pas pulang tengah malam abis dapat job nyuting acara komunitas gitu ngeliat ada anak kecil ngamen di jalan tengah malam. Lalu ketika anak itu ga dapat uang sesuai permintaan "preman" nya anak itu langsung di pukul oleh preman itu. Jujur kadang gue sedih ngeliat anak kecil yang di paksa orang lain untuk kerja, padahal seharusnya masa kecil mereka dipenuhi canda tawa di sekolah , bukan dipenuhi debu dan peluh mengais rezeki

Yaudah menurut gue segitu aja dulu beberapa pengalaman yang pernah gue liat , gue berharap semoga semua orang bisa peduli sama anak kecil , kasihan mereka terlalu dini untung menanggung beban yang berat , biarkan mereka menikmati masa indahnya bermain , ketawa , bercanda gurau . Jika ada yang mau nambahin . Tulis di komentar yak





No comments:

Post a Comment

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive