Tips hemat ditanggal tua




Gue tipikal orang yang mudah bergaul sama siapa aja , Dari jaman Ortu gue hobbi pindah rumah (dibaca : pindah kontrakan) sampe udah punya rumah sendiri , dari gue kecil gue sering banget ketemu tetangga baru , temen baru , dan juga "gebetan baru" .  Yaa walaupun semuanya berakhir dengan kata "Mantan Calon Gebetan". Tapi gue ga pernah ngeluh akan seringnya gue pindah tempat , karna gue percaya 1 hal . "Banyak kenalan banyak tempat untuk berhutang ditanggal tua" .

Dari sekian banyak teman , ada salah satu teman baik gue , sebut saja Ujang namanya . Gue kenal Ujang sejak jaman Krisis Moneter , Ya ketika jaman itu banyak orang demo , gue pun ga ngerti apa itu demo waktu kecil . Yang pasti ketika orang lagi demo kami lagi ada didalam comberan . Persahabatan gue dan Ujang tenyata cukup lama daripada pacaran ala ABG alay jaman sekarang , sudah belasan tahun lamanya, mungkin kalo kami berdua naik sepeda udah sampe Zimbabwe kali yakk.

Selama gue kenal Ujang , gue jarang banget takut kelaparan , biasanya sebulan sekali nyokap Ujang pulang ke Indonesia ngebawain kami persediaan makanan sebanyak 3 mobil truck , nyokap dia tajir abis, Karna nyokapnya salah satu pengusaha daging semut terbesar di dunia , usahanya sudah tersebar di seluruh dunia, dikarnakan banyaknya usaha yang dimiliki nyokapnya . Ujang terpaksa dititipin di kost deket rumah gue

" Jang.... " Teriak gue 

" Ehh . elu hidd . ada apa ? " Sahut Ujang dari dalam jamban

" Err gini jang , gue mau ngomong nih , lu sibuk ga "

" Bbbbentar hidd " 

" Emang lu lagi ngapain jang " Tanya gue

" Lagi nabung di jamban hidd . mau ikutan ga? 

"Err ngga deh jang , gue lagi ga pingin muntah hari ini "

" Yaudah tunggu aja dulu di depan , bentar lagi gue selesai kok "

" Iyaaa jang"

* beberapa menit kemudian

" Ada apa hidd " Sambil ngusek-ngusek hidung

" Ngga jang , gue ada perlu sama elu , gue mau pinjam ... " 

" Bentar . gue tau , lu pasti mau pinjem Mie Instan gue lagi kan? " Tiba-tiba Ujang memotong pembicaraan"

" Engga jang , Gue mau pinjem duit bole " Gue cekikikan

" Yee , yaudah berapa? "

" Secukupnya aja jang , asal bertahan sampe gue gajian besok "

" Iya deh , janji ye bulan depan lu ga minjem lagi "

" Iyaa deh , tapi gue ga janji bulan depan pas kuis dikampus gue nyontekin elu lagi, ga ngasih info update terbaru tentang Surti , gimana ? Deal?  " Gue Senyum kampret

" Hhahaha iya deh , ini hidd . jangan lupa besok gue pinjem sepeda lu lagi , gue mau main sepedaan sama Surti sore besok "

" Ok teman simbiosis muatualisme ku  " Gue pulang kerumah dengan ceria sambil nyanyi lagu Sherina

Oke , hari ini gue bakal ngebahas tips jitu soal gimana kita bisa hemat sekaligus "meminjam" uang tanpa ngebuat temen ngerasa rugi , Yaa hidup ini harus saling menguntungkan , biasanya gue kalo di tanggal muda sering bantuin temen gue kalo ada masalah atau tugas yang dia ga bisa kerjain , gue sih ngebantunya semampu gue , dan juga pastinya kalo mau membatu orang harus ihklas , karna sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas maka nantinya akan berbuah kebaikan diesok harinya . I believe it . Dan biasanya gue gantian minta bantu temen ditanggal tua , alhasil ga sedikit temen yang nolak bantuin gue , Karna apa yang kita tabur , itulah yang kita tuai . Oke langsung aja gimana caranya agar ketika tanggal tua lu ga sampe nyeduh kaos kaki menjadi pengganti teh ? Cekidot gaess


1. Perluas Pergaulan



Gue paling seneng banget kalo yang namanya aktif dalam pergaulan , selain bisa nambah temen , bisa juga nambah ilmu sama nambah berat badan juga karna sering nongkrong dibayarin makan sama temen. Inget.. tapi ada  syaratnya juga lho biar bisa nongkrong sekaligus makan gratis , kalo bisa lu harus aktif dulu di tongkrongan lu , setidaknya lu bukan cuma tipikal orang yang cuma ngeharapin makan . tapi lu harus juga mau berbagi ilmu ataupun informasi , sekalipun informasi yang ngga penting

2. Sering Ikut "Acara"


Beberapa bulan kemarin gue pernah ngalamin hal yang ngga enakin banget , mulai dari ga ada duit , dapat musibah kecelakaan , hp gue LCDnya pecah sampe gue ga ada pacar pas malam minggu. Tapi untungnya gue bukan orang yang mudah "putus asa" . Gue selalu aktif dalam segala sesuatu , mulai dari bantuin tetangga gue ngadain acara khitanan anaknya , ikut ngeramein 17 Agustus di daerah rumah gue , sampe gue ikut acara jagain jamban punya orang paling tajir di daerah gue . Nah dengan begitu secara ga sengaja lu bisa nambah pergaulan di daerah lu , tuan rumah juga bakalan nyiapin sajian untuk lu . Hidup GRATISAN !!



3. Nginep dirumah temen


" Jang .. " Teriak Slamet dari luar kost Ujang

" Apa met .. tumben malam-malam main ke sini"

" Err .. Gini jang , gue boleh masuk dulu ga , ini genting jang " Sambil Slamet mendorong sepedanya ke dalam kost Ujang

" Sepeda lu kotor kampret , lu habis dari mana !! "

" Udah ... nanti gue jelasin "

" Yaudah deh met tapi bersihin dulu sepeda lu ya " Ujang sambil bantu jilatin velg sepeda Slamet

**5 Abad kemudian

" Gini jang , di kost gue tadi ada petugas fogging . Nah banyak banget jang nyamuk , tikus , sampe dinosaurus tewas di kamar gue , gue takut jang nanti gue di hantuin mereka , gue nginep di kost lu ya. untuk beberapa hari ini aja kok " Slamet senyum kampret

" Ohh gitu ya met , yaudah lu nginep sini aja dulu . kayaknya lu cape banget ya , yuk kita makan malam dulu , tadi nyokap gue mesen gorengan , dia bayarnya via paypal lho "

*Yap Mission Sukses untuk nginep + makan gratis


4. Sering Kondangan



Gue paling sering banget diajak salah satu temen gue , sebut saja namanya Slamet . Dia tipikal cowo tampan tapi kere , ya sama kayak gue juga lah . Slamet memiliki banyak mantan , dan dia juga sering banget di undang mantannya ke acara pernikahan . maksudnya bukan Slamet sama mantannya pergi kondangan . melainkan dia kondangan ke tempat mantannya , Miris ? Banget . Dan gue salah satu orang yang sering diajak ke  pernikahan mantannya.

Dan kalau gue ditanya pengantinnya siapa gue ? Jawab aja " Gue anak guru matematika SD , masih ingetkan ? Ibu lagi sibuk jadi aku sama yang mewakilinya , nah kebetulan Slamet juga temen gue "  



5. Pacaran sama mbak-mbak kantin 



Jujur aja gue kalo yang ini gatau gimana cara jelasinnya . Yang pasti setiap hari lu bisa hemat makan secara cuma-cuma . Gratis gaesss !!!

Nah segitu aja pembahasan gue tentang tips sesat menghadapi tanggal tua . Kalo bisa sih kalo lagi ada uang berlebih lebih baik ditabung , biar nanti pas tanggal tua ngga miris-miris banget . Kalo gue sih kadang "membagi" gaji gue jadi 2 ATM . ATM pertama untuk gue beli peralatan kuliah , sama beli batagor selama sebulan di kampus . dan ATM yang satu lagi gue tabung untuk bikin usaha kelak pas selesai tamat kuliah .


Jika ada yang mau nambahin tips biar hemat ditanggal tua ditunggu yak di komentar 

1 comment:

  1. Saya lebih dominan ke no.4 gan, tapi lebih sering ikut yasinan gan, makannya enak2 juga,.. hehe :D

    ReplyDelete

Categories

Text Widget

Pages

Blog Archive